Program Kompetitif Penelitian dan PKM Dosen

Laporan Progres Hibah Insentif Kompetitif Penelitian dan PKM

Jumat, 19 November 2021

Sebagai tindak lanjut dan bagian dari proses monitoring kegiatan Hibah Insentif Kompetitif Penelitian dan PKM Dosen tetap Institut Kesenian Jakarta Tahun Anggaran 2021.

Bidang Riset,inovasi dan PKM mengadakan monitoring laporan progres dosen secara daring. Dosen tetap IKJ yang menerima insentif tersebut yaitu; Dr. Yola Yulfianti, M.Sn. (Sekolah Pascasarjana), Dr. Adlien Fadlia, S.Sn., M.Ds. (FSRD), Rangga Samiaji Rinjani, M.Sn. (FSRD), Amra Reza, S.Sn., M.Pd. (FSP), Ashari, M.Sn. (FFTV) beserta anggotanya dalam kegiatan ini mempresentasikan laporan progres selama sebulan dalam bentuk power point. Kegiatan ini dipimpin oleh Dr. Madia Patra, S.Sn., M.Hum. sebagai ketua pelaksana dan Dr. Marselli Sumarno, M.Sn. sebagai reviewer yang memberikan tanggapan untuk laporan Penelitian dan PKM dosen.

 

Reviewer Proposal dan Progres Program Pemberian Insentif Kompetitif  Penelitian dan PKM Dosen IKJ 

Jumat, 22 Oktober 2021

Dr. Marselli Sumarno, M.Sn. sebagai reviewer Program Pemberian insentif Kompetitif Dosen Tetap IKJ memberikan masukan dan pengarahan kepada para dosen peserta kegiatan.

Sony Marti Lova, Ashari, M.Sn, Dr. Yola Yulfianti, M.Sn, Dr.Madia Patra Ismar, S.Sn., M.Hum, Dr. Adline Fadlia, S.Sn., M.Ds, Amra Reza, S.Sn., M.Pd.

Perguruan tinggi dituntut untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa melalui kegiatan tridharma perguruan tinggi. Saat ini dharma pendidikan dan pengajaran telah dapat dilaksanakan dengan sangat baik oleh Institut Kesenian Jakarta. Untuk mendorong sivitas akademika dalam pelaksanaan kegiatan penelitian, publikasi ilmiah dan PKM, secara rutin Institut telah menyediakan anggaran untuk membiayai kegiatan-kegiatan tersebut melalui hibah internal. Demikian pula Pemerintah telah menyediakan anggaran yang cukup besar melalui Program Hibah yang dikelola. Untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya sosialisasi oleh Riset, Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dapat mendorong dan memotivasi dosen-dosen untuk meningkatkan kegiatan tersebut, di antaranya melalui program pemberian insentif.

Asas kinerja reviewer melandasi prinsip kehati-hatian, keterukuran, dan professional. Reviewer internal bekerja pada penelitian internal dan pengabdian masyarakat internal yang dilakukan di lingkungan Institut Kesenian Jakarta. Penelitian internal dilakukan oleh para dosen Institut Kesenian Jakarta pada Program Pemberian Insentif Kompetitif Penelitian dan PKM Dosen Tetap IKJ. Penelitian dan PKM dilakukan oleh para dosen IKJ wajib menghasilkan luaran penelitian berupa publikasi karya ilmiah.  Presentasi oleh Tim Penelitian akan dinilai substansi dan kelayakannya oleh Tim Penilai/reviewer (Dr. Marselli Sumarno, M.Sn. dan Wili Sandra, M.Hum).

 

Bimbingan Teknis Penulisan Proposal  Hasil Penelitian dan PKM

Selasa, 5 Oktober 2021

Sebuah Perguruan Tinggi dalam rangka mencapai visinya untuk menjadi  perguruan tinggi yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan  internasional, dan dalam hal penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi,  kualitas merupakan kewajiban yang harus dicapai. Jaminan Mutu di perguruan  tinggi menghadapi banyak masalah dari berbagai sisi. Mulai dari mutu kurikulum  yang digunakan, proses pembelajaran, suasana akademik, sarana dan prasarana  apa yang digunakan, hingga jaminan tersedianya pekerjaan setelah lulus. Menghadapi hal tersebut diatas maka  kemampuan dosen dalam pengembangan kapasitasnya untuk melakukan  Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, merupakan hal yang terpenting. Kapasitas Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang perlu ditingkatkan adalah kompetensi dalam penataan kegiatan dan tata kerja secara berkala dan  konsistensi yang merupakan hal terpenting untuk mencapai keberhasilan dalam  memenuhi visi dan misi Institut Kesenian Jakarta. Agar menjaga kelangsungan  proses Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat maka perlu adanya suatu  mekanisme dalam melakukan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.