Seminar Hasil Penelitian (Program Hibah Kompetitif Untuk Dosen) 2019

Sebagai sebuah lembaga penelitian, LPPM memiliki kewajiban untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan para dosen untuk melakukan kegiatan penelitian. Tugas ini menjadi sangat penting karena kegiatan penelitian membutuhkan banyak sekali bantuan agar dapat terlaksana dengan semaksimal mungkin, dan menghasilkan keluaran yang optimal.

Salah satu kebutuhan tersebut adalah kebutuhan dana penelitian. Setiap dosen yang memiliki inisiatif untuk melakukan penelitian, sangat membutuhkan dukungan dana dalam melaksanakan konsep dan membuktikan tesis penelitian yang mereka milki.

Tentu saja, untuk saat ini Institut Kesenian Jakarta memiliki keterbatasan dalam memberikan pendanaan terkait penelitian. Oleh karena itu, acara ini memungkinkan sistem pendanaan yang menggunakan mekanisme insentif kompetitif. Tiap dosen yang ingin melakukan penelitian harus membuat proposal penelitian yang akan diseleksi oleh tim dari LPPM, untuk menentukan konsep-konsep penelitian yang potensial dan memungkinkan untuk didanai.

Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong semangat para dosen untuk melakukan penelitian, serta meningkatkan suasana kompetitif yang membangun antar dosen dalam melakukan penelitian.

Sehingga sumbangsih yang dihasilkan bagi budaya penelitian di tingkat Institut, dapat mendorong dosen lainnya untuk terpacu meneliti fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar dalam lingkup seni budaya. Selain itu acara ini diharapkan akan hadir minimal 1 kali dalam setahun serta dapat memberikan dukungan dana awal yang mampu membantu dosen dalam melakukan penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post