https://kuesioner.oxygen.id/nbproject/private/spulsa/ https://rsudsosodoro.bojonegorokab.go.id/wp-content/-/rs-dana/ https://wisuda.isi.ac.id/wp-includes/system/sdana/ https://digilib.unjani.ac.id/wp-includes/block-editor/sdemo/ https://digilib.unjani.ac.id/wp-includes/class/sdana/ https://sinaker.dumaikota.go.id/vendor/orchid/img/ https://rsudsosodoro.bojonegorokab.go.id/wp-content/plugins/demo-gratis/ https://fab.uinsaid.ac.id/wp-includes/saidemo/ https://fad.unika.ac.id/wp-includes/system/spulsa/ https://ft.unika.ac.id/wp-includes/class-walker/spulsa/
https://ap.uinsgd.ac.id/wp-includes/cache/ https://cms.uki.ac.id/pict/spulsa/ https://siak.insud.ac.id/cache/qris/ https://sidinar.bnn.go.id/app/system/ https://ikj.ac.id/wp-includes/dana/ https://cms.uki.ac.id/cache/gacor/ https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/webservice/app/
Estetika Seni dalam Lukisan Betawi Karya Sarnadi Adam

Estetika Seni dalam Lukisan Betawi Karya Sarnadi Adam

Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=SrH5HCr9ekI&t=3s

Secara sederhana, estetika menurut KBBI daring adalah cabang ilmu filsafat yang membahas tentang seni dan keindahan serta tanggapan manusia terhadapnya. Masih menurut KBBI, estetika juga diartikan sebagai kepekaan terhadap seni dan keindahan. Sejalan dengan itu, keindahan kesenian Betawi ternyata tidak hanya bisa kita telusuri lewat seni pertunjukan saja, melainkan juga banyak tertuang dalam karya  seni rupa, salah satunya melalui lukisan. Lukisan-lukisan Betawi memang tidak begitu banyak dihadirkan oleh para seniman Betawi. Setidaknya, hal tersebut yang dikemukakan oleh Sarnadi Adam, seorang pelukis Betawi yang konsisten  melahirkan lukisan-lukisan  Betawi. Pada Selasa, 03 Oktober 2023, Wili Sandra dan Romauli Sianipar dari Bidang Riset Inovasi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (RIPKM), Institut Kesenian Jakarta (IKJ) di bawah koordinator Warek III Dr. Madia Patra Ismar, S.Sn.,M.Hum. berkesempatan mewawancarai pelukis Betawi yang tinggal di Kebayoran, Jakarta Selatan itu.

Dalam penuturannya, Sarnadi Adam menjelaskan bahwa banyak keindahan alam dan potret kehidupan Betawi tempo dulu yang menarik untuk diabadikan di dalam lukisan. Bagi Sarnadi, lukisan dapat menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk menuangkan  berbagai sisi keindahan yang ada dalam kehidupan masyarakat Betawi agar tidak dilupakan begitu saja oleh generasi yang akan datang. Keindahan-keindahan itu tampak pada sejumlah lukisan bertema Betawi yang terpampang hampir di seluruh dinding rumah Sarnadi. Keindahan itu dituangkan oleh Sarnadi dalam bentuk objek-objek khas Betawi, seperti orang, seni tradisi, bentang alam, dan berbagai corak kebetawian. Goresan-goresan indah yang dihadirkan Sarnadi didominasi oleh warna-warna cerah yang tajam, seperti warna merah, hijau, dan kuning dengan berbagai corak sebagaimana warna-warna itu sering dipakai oleh masyarakat Betawi. Kombinasi warna-warna itu tentu dapat membangkitkan gairah, semangat, dan perasaaan senang, setidaknya itulah yang dirasakan tim RIPKM IKJ ketika menyaksikan lukisan-lukisan itu di galeri rumah Sarnadi Adam.

Potret orang Betawi tempo dulu, seni tradisi, pakaian tradisional, rumah adat, dan bentang alam yang indah seolah menggabarkan harmonisasi kehidupan masyarakat Betawi zaman dulu lewat goresan, sapuan kuas, dan perpaduan warna yang dituangkan Sarnadi Adam lewat lukisannya. Lukisan-lukisan Sarnadi juga dapat menjadi penghubung dan pertalian memori indah masa lalu dan masa kini dalam kolektif masyarakat Betawi yang diwakili oleh Sarnadi Adam sebagai bagian dari masyarakat Betawi. Hal itu tentu dapat menjadi jembatan bagi generasi muda untuk dapat melihat dan mengenal serta memahami keindahan dan harmonisasi kehidupan masyarakat  Betawi tempo dulu. Menurut Sarnadi, kegiatan mengabadikan berbagai hal tentang kebetawian seperti memunculkan ingatan dan pengalaman masa lalu yang layak dikenang, dibagi, dan diabadikan salah satunya melalui lukisan. Keindahan-keindahan objek dan alam Betawi tampak juga dalam kreasi dan imajinasi Sarnadi ketika melukis. Ia tidak hanya melukis satu objek saja dalam satu kanvas, melainkan ada beberapa objek yang dituangkan sekaligus. Dengan demikian, penikmat lukisan dapat menikmati dan merasakan keindahan alam dan kehidupan masyarakat Betawi lewat beberapa objek dengan latar dan tema tertentu di dalam lukisan Sarnadi Adam yang dapat dikategorikan sebagai salah satu maestro seni lukis Betawi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post